Minggu, 13 Februari 2011

Keelokkan dan Mitos Burung Kuntul dan Blekok

Oleh : Handayani

Siapa yang tahu burung Kuntul? Burung yang sewaktu terbang lehernya membentuk seperti huruf "s" dan tidak diluruskan. Burung Kuntul adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ardeidae. Burung ini berkaki panjang, berleher panjang, dan tersebar di seluruh dunia.

Apakah sama dengan burung Blekok? Kuntul (Bubulcus ibis) dan blekok (Araeola speciosa) adalah dua jenis burung hampir sama tetapi berbeda. Perbedaan yang terlihat dari kedua jenis burung ini adalah burung blekok relatif lebih kecil, bulu punggungnya berwarna hitam dan coklat didadanya. Sedangkan burung kuntul warna bulunya didominasi putih, tubuhnya agak besar dan mempunyai punggung berwarna jingga.



Kuntul dan Blekok adalah dua jenis burung yang keberadaannya mendominasi di Srondol Indah, Banyumanik, Semarang. Burung itu telah mencipta ruang yang indah dan damai. Habitat burung Kuntul dan Blekok yang berkembang biak dan menetap di Srondol menjadi pemandangan tersendiri yang memang dicari. Burung-burung tersebut telah membangun habitatnya tanpa ada rekayasa dari tangan-tangan manusia, sehingga terlihat begitu alami dan menambah kekaguman pada Sang Maha Pencipta. Terlebih, habitat sebenarnya burung Kuntul dan Blekok di sawah, rawa, daerah berair,tambak dan mangrove. Sedangkan di Srondol Indah adalah sebuah tempat yang ramai lalu lintas tetapi mereka tetap nyaman tinggal di sana.

Setiap subuh baik sendirian atau dalam kelompok tersebar burung-burung ini terbang mencari sarapan. Mereka terbang ke arah laut karena makanan mereka adalah ikan laut. Sekitar jam delapan pagi burung Kuntul dan Blekok kembali ke habitatnya.

Pada pertengahan 80-an sampai pertengahan 90-an, populasinya sekitar 2.000. Berdiam di pohon-pohon depan markas BR dari ujung gang Jl Kyai Mojo sampai depan puskesmas Srondol. Berdiam di sekitar 25 pohon. Saat ini tinggal sekitar 100 ekor dan berdiam di 4 pohon saja. Diperkirakan sebagian besar bermigrasi di sekitar pantai demak yang hutan bakaunya sudah mulai baik. Mereka pindah ke tempat yang lebih dekat dengan tempat mencari makan.

Mitos

Menurut Adi, Prajurit Kepala Asrama Yohanes 400 Raeders mengatakan bila ada burung mati dan jatuh dari pohon menandakan ada seorang personil yang bertugas di daerah telah meninggal dunia. Tidak hanya sekali dua kali kejadian tersebut terjadi beberapa kali dan memang terjadi .

Tak hanya itu, bila Anda menjadi korban timpaan kotoran burung Kuntul dan Blekok maka tidak berapa lama lagi akan berjodoh dengan parjurit asrama Yohanes 400 Raeders. Namun tidak semua korban timpaan kotoran burung Kuntul dan Blekok mengalami hal demikian.

“Saya pernah tertimpa kotoran burung Kuntul dan Blekok. Sudah lama kejadiannya, tetapi sampai sekarang juga belum menikah.,“ tutur Handa, korban timpaan kotoran burung Kuntul dan Blekok ketika perjalanan pulang dari Ungaran.

Berbeda dengan salah seorang prajurit yang tak mau disebut namanya, mengaku bahwa istrinya dulu pernah kejatuhan kotoran burung Kuntul dan Blekok. Tak lama kejadian itu mereka menikah.

Bagi orang yang percaya itu menjadi pertanda bukan hanya kebetulan. Sedangkan bagi orang yang tidak percaya akan hal-hal yang sudah menjadi hak Tuhan maka ia akan menganggap itu hanya sebuah mitos yang berujung pada kesyirikan.[]yn

5 komentar:

  1. yanie: assalamu'alaikum ukhti..kalo dari crita yang kejatuhan kotoran burung kuntul belum tentu benar, buktinya teman q cewek pernah kejatuhan kotoran tapi menikah bukan dengan prajurit BR SRONDOL malah sama pegawai PLN.....hehehe....allahu alam bi shawab.....bravo yanie semoga sukses selalu....minal aidzin wal fa idzin mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  2. ditempat saya banyak tuh burung blekok dan burung kuntul... seneng banget kalo liat pas ada orang ngebajak sawah,, trus burung kuntul terbang keliling diatasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt,nanti kumpul dilumpur kayak gitu.kalau traktornya hampir deket mereka pindah kesekeliling,hinggap dipohon.dan aku seneng sembunyi dibawahnya berasa sekelompok burung kuntul melayang tpt dikepalaku

      Hapus
  3. tapi sayangnya sekarang sudah jarang ya, jadi kangen sama blekok,,,
    Mari kembangkan sektor pariwisata daerah untuk kemajuan kita bersama
    Ayo wisata liburan bersama keluarga, dengan mengikuti paket wisata karimun jawa kita yang termasuk biro wisata karimun jawa berpengalaman karena memberikan paket karimun jawa murah, ada paket backpacker karimunjawa, paket karimunjawa tour 4 hari 3 malam, paket karimunjawa 3 hari 2 malam, dan paket murah karimun jawa 2 hari 1 malam, atau bisa juga cek harga paket hotel karimun jawa. paket karimun jawa kami sangat memuaskan dan berkesan, info tour keberangkatan jadwal kapal ke karimunjava island lebih lanjut bisa menghubungi www.karimunjawakita.com, Bila anda ingin belanja online kursi jati atau ukiran dan furniture jepara, atau anda juga bisa melihat indahnya ukiran jepara yang fenomenal, untuk anda jadikan pilihan karena ada harga mebel murah dari kami, set meja makan yang cantik atau almari minimalis juga tersedia di toko mebel jati kami, tunggu apalagi segeralah hubungi jepara apik furniture.

    BalasHapus
  4. Kunjungan balik sista lulukman.blogspot.com

    BalasHapus