Selasa, 18 Agustus 2009

Mensyi’arkan Ramadhan

Wahai orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa (QS Al Baqoroh : 183)
Agar seluruh anggota keluarga kita (suami, istri, anak, menantu, cucu, pembantu, dll) ikut berpuasa dan mensyiarkan Ramadhan, sehingga suasana rumah benar-benar “suasana Ramadhan, beberapa kiat berikut dapat dicoba:
1. Fahamkan akan indahnya bulan suci Ramadhan kepada seluruh anggota keluarga, bahwa ia adalah bulan mulia, bulan suci, yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an, bulan dilipatgandakannya nilai amal ibadah, dll.
2. Fahamkan kepada seluruh keluarga tentang bagaimana Rasulullah saw dan para sahabatnya dalam menyambut dan mengisi Ramadhan
3. Bagi yang sangat sibuk,usahakan untuk dapat makan sahur dan berbuka bersama keluarga, sehingga tercipta kebersamaan dalam beribadah kepada Allah swt.
4. Sekali waktu (atau beberapa kali waktu), untuk mengadakan shalat tarawih bersama keluarga (karena tarawih tidak harus di masjid)
5. Biasakan untuk memberikan pujian/penghargaan bahkan hadiah kepada anak khususnya yang berhasil menjalankan puasa dengan baik
6. Tradisikan membaca Al Qur’an (minimal) selama bulan Ramadhan, untuk menghidupkan suasana rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar