Kamis, 13 Agustus 2009

Kiat Menyambut Ramadhan

“Bulan Ramadhan, yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an, yang menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, dan menjadi pembeda (antara yang haq dan yang batil). Barang siapa di antara kamu menyaksikan (menemui) bulan ramadhan, maka berpuasalah …”
Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, beberapa persiapan yang sebaiknya kita lakukan:
1. Persiapan ruhiyah
Setiap muslim idealnya pasti akan bahagia dengan hadirnya Ramadhan, karena baginya Ramadhan adalah bulan yang sangat-sangat dinantikannya. Di bulan itu setiap muslim memiliki kesempatan beramal dan beribadah yang sangat luar biasa., pagi, siang, sore, malam bahkan di waktu dini hari sekalipun. Di bulan itu nilai amal ibadah seorang hamba dilipatgandakan oleh Allah swt. Kesempatan untuk meraih rahmat dan maghfiroh Allah swt. Oleh karena itu persiapkan ruhiyah kita untuk menyambut datangnya bulan suci ini.
2. Persiapan Jasadiyah
Menjaga kondisi fisik agar tetap sehat sebaiknya kita lakukan untuk bersiap-siap menyambut datangnya Ramadhan. Kita mesti berazam (niat kuat) untuk dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan sesempurna-sempurna mungkin. Persiapkan badan kita, rumah kita, lingkungan kita untuk menyambut datangnya Ramadhan. Ciptakan suasana “baru” di rumah kita karena akan menyambut tamu agung, tamu yang dinanti-nantikan datangnya, bulan Ramadhan
3. Persiapan fikriyah
Mempelajari seluk beluk Ramadhan (syarat sah, wajib, rukun puasa, tarawih, dll) menjadi sangat penting dilakukan sebelum datangnya Ramadhan, sehingga memasuki Ramadhan dengan penuh kemantapan keyakinan dan pemahaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar